Selasa, 07 Juli 2020

Opsi Maintenance Printer Epson Tidak Muncul

Assalamua’alaikum Wr. Wb.
Hai semua… Aku balik lagi setelah beberapa bulan hiatus. Kali ini aku mau berbagi pengalaman tentang salah satu masalah mengenai printer.

Printerku kali ini Epson L120 dan software laptop aku Windows 8 dan WPS/Kingsoft.
Dari semester lalu, hasil printku emang garis-garis dan putus-putus gitu, trus aku coba googling harus di Cleaning.

Hasil printnya aneh, huhu T.T
Nah, jadi aku ikutin langkah-langkahnya kan, tapi anehnya di laptop aku ngg ada opsi Maintenance. Trus tadi malem juga hasil print ku itu cuman warna hijau kuning sama hitam, pas aku googling dan nanya sepupuku ternyata tinta merahnya bermasalah. Trus aku bongkar-bongkar printerku, kubersihin dan kusedot pake suntikan cardridgenya ternyata ngg ngaruh :(

Trus akhirnya hidayah datang, ternyata opsi Maintenance ngg muncul di laptop itu karena sebelumnya printer itu ngg di instal secara manual.

Nah, jadi aku instal pake CD bawaan printernya dan alhamdulillah bisa. Atau kalau misal CD bawannya udah hilang atau ngg ada bisa instal di web resmi Epson.

Kali ini aku juga bakalan cantumin langkah-langkah buat Cleaning printer Epson L120 di Windows 8
1. Tekan Windows+X, klik Control Panel
2. Pilih “Hardware and Sound”
3. Pilih “Devices and Printers”
4. Klik kanan printer yang udah terkoneksi, trus pilih “Printing Preferences” 


5. Klik "Maintenance"
6. Klik ikon “Head Cleaning”, trus klik “Clean”


7. Kalau printernya udah kelar bersihin, pokoknya udah ngg bunyi-bunyi lagi atau pas lampunya udah kedip, lanjut klik ikon “Nozzle Check”. Tapi harus dipastiin udah masukin kertas hvs di printernya.



8. Kalau dirasa hasil printnya kurang ok, bisa diulang lagi buat Cleaning, tapi kalau dirasa udah ok ya alhamdulillah :)

Itu dia problem solving aku selama berbulan-bulan ngadepin printer ini dan bisa aja masing-masing laptop atau PC beda penanganannya, semoga membantu dan kalau ada khiilaf aku mohon maaf. Terimakasih ^_^



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sembako Kena PPN, Langkah Alternatif Pemerintah Membentuk Masyarakat yang Kuat

Assalamualaikum Wr. Wb. Hai Semua... Kali ini coba kita memikirkan beberapa hal yang baru-baru ini akan dan sudah marak dibahas, yakni w aca...